Mendaftarkan situs ke search engine

Apa sih Search Engine Optimization tools, Google page Rank Checker, Webmaster tools, SEO tools, dan bagaimana cara kerja tools itu sehingga dapat membuat traffic yang tinggi ke blog mu? Dalam dunia maya, terdapat banyak sekali web tools online yang sering digunakan oleh webmaster untuk mengetahui informasi mengenai situs mereka. Bahkan dengan tools itu, seorang webmaster dapat mengetahui masalah apa yang terjadi dalam situs mereka. Apakah terdapat masalah dalam kode template atau dalam hal pembuatan designnya. Disini kita akan menjelaskan bagaimana cara meningkatkan page rank disitus anda dengan menggunakan tools2 yang biasa digunakan oleh webmaster.

SEARCH ENGINE OPTIMIZATION
Kita dapat mengartikan Search Engine Optimization sebagai suatu metode atau proses untuk mengoptimalkan dan menambah ranking suatu situs dalam hasil yang didapat oleh mesin pencari atau search engine.
Dengan jumlah situs yang mungkin bisa mencapai jutaan halaman yang dihasilkan oleh suatu mesin pencari (seperti google, yahoo, msn, alexa, dll) melalui suatu kata kunci atau keyword. Seorang webmaster pasti menginginkan situs mereka berada di halaman pertama atau kedua dalam suatu hasil pencarian dari mesin pencari. Semakin tinggi ranking atau posisi situs anda, maka semakin banyak juga orang yang akan berkunjung ke situs anda. Sehingga dapat dikatakan juga bahwa Search Engine optimization (SEO) ini adalah suatu konsep untuk memaksimalkan situs kita dalam mesin pencari sehingga berada di urutan paling terdepan dalam suatu hasil pencarian. Sehingga semakin berada di urutan paling depan, maka semakin tinggi pula kemungkinan situs kita dikunjungi oleh para pencari dari search engine.

Blog directory dan List mesin pencari
Stelah kita publish situs atau blog ke dunia maya. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa informasi anda berikan adalah benar2 dibutuhkan oleh dunia internet. Web Directories, Blog Directories dan Mesin Pencari merupakan Yellow Page nya internet. Meskipun mesin pencari akan mulai melirik2 website atau blog anda, tetapi akan jauh lebih baik apabila kita proaktif mempersiapkan informasi yang dibutuhkan oleh mesin pencari. Saya telah menuliskan artikel mengenai dimana dan bagaimana cara untuk mengsubmit informasi supaya situs atau blog anda terindex diberbagai tempat di internet.

Berikut adalah tahapan2nya:
1. Mengsubmit situs atau blog sitemap ke Google Webmaster
2. Mengsubmit situs atau blog sitemap ke Yahoo!
3. Mengsubmit situs atau blog sitemap ke MSN dan Ask.com
4. Mengsubmit situs atau blog ke mesin pencari
5. Mengsubmit situs atau blog ke Blog Directories
6. Mengsubmit RSS Feeds dan Pings
7. Saling tukar Blog Traffic

Gratis SEO Tools
Setelah selesai mengsubmit situs atau blog anda ke semua mesin pencari dan directories, seharusnya anda sudah dapat melihat halaman situs anda di internet. Jika anda melakukan pencarian dengan menggunakan mesin pencari, mungkin situs atau blog anda belum berada di urutan paling atas. Ada beberapa situs atau blog yang menggunakan SEO tools untuk meningkatkan PageRank dan mengoptimalkan dalam mesin pencari.
Berikut adalah suatu mesin pencari

Yahoo!

Untuk mengetahui bagaimana cara Yahoo! melihat situs atau blog anda, masukan alamat lengkap situs atau blog anda ke kotak pencari yang telah saya siapkan diawali dengan menuliskan http:// untuk alamat blog, anda tidak perlu menuliskan kembali “www.
ke dalam blog URL.


1. Alamat yang terindeks oleh Yahoo!
Hasil yang akan didapatkan adalah seberapa banyak dan berapa detail halaman situs anda yang telah terindeks oleh Yahoo!



2. Backlink dari Yahoo!

Masukan alamat lengkap situs atau blog anda, untuk mengetahui link yang masuk atau link yang keluar dari situs atau blog anda


Google
Data yang didapatkan dari berbagai mesin pencari adalah tidak sama. Anda dapat melihat bagaimana performance dari blog anda di mesin pencari google dengan memasukan alamat lengkap situs atau blog anda dibawah ini.

1. Halaman yang terindeks oleh Google


Masukan alamat lengkap situs atau blog anda setelah kata site: untuk melihat halaman2 yang telah terindeks oleh Google



2.Backlink dari Google

Masukan alamat situs atau blog anda untuk mengetahui backlink dari google setelah kata link: di kotak pencarian dibawah untuk mengetahui seberapa detail backlink dari situs atau blog kamu.




MSN

Dibandingkan dengan Google dan Yahoo!, MSN biasanya tidak mengindeks banyak halaman suatu situs atau blog. Akan tetapi apabila anda penasaran, anda dapat memasukan alamat lengkap situs atau blog anda kedalam kotak pencarian dibawah ini

1. Halaman yang terindeks oleh MSN

Masukan alamat lengkap situs atau blog anda setelah kata site: untuk melihat seberapa banyak halaman situs atau blog anda yang telah terindeks oleh MSN

2. Backlink dari MSN
Masukan alamat lengkap situs atau blog anda setelah kata link: untuk melihat backlink dari situs atau blog kamu


Page Rank Checker

Kotak pencarian ini disediakan oleh Prchecker.
Masukan URL kedalam kotak pencarian berikut untuk mengetahui Google PageRank.



Alexa Ranking

Alexa memonitor traffic situs2 yang sudah top. Anda dapat membandingkan dan melihat grafik traffic Alexa dengan situs atau blog anda dengan memasukan URL kedalam kotak pencarian yang telah disediakn dibawah ini.


Comments

  1. Mas, kok link nya ga berfungsi sih.
    Kan saya mau daftarin blog saya?
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete

Post a Comment